Connect with us

Hi, what are you looking for?

Toko Online

Tips Optimasi Grab Food untuk Tingkatkan Penjualan

optimasi grab food

Grab Food merupakan layanan pesan antar yang berasal dari Singapura. Kini, layanannya telah dikenal dan dapat digunakan di Seluruh Indonesia.

Dilansir dari KataData.com, Grab Food merupakan layanan pesan antar makanan dengan Gross Marchendise Value tertinggi di Asia Tenggara. Adapun jumlahnya, mencapai 5,9 Miliar pertahunnya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa layananan dari decacorn Grab yang satu ini memiliki laju perkembangan yang cukup pesat.

Perkembangan yang pesat ini tentu dapat berpengaruh kepada peningkatan penjualan produk makanan Anda.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan bisnis toko online Anda di aplikasi ini. Berikut kami ulas secara lengkap kiat-kiat jitunya untuk optimasi Grab Food Anda.

Perhatikan menu yang layak antar

Toko Anda mungkin memiliki menu yang beragam, mulai dari yang basah hingga yang kering.

Namun, tidak semua jenis makanan dapat diantar dalam kondisi yang baik. Beberapa jenis makanan mungkin akan rusak setelah diantar.

Karenanya, dalam berbisnis di Grab Food, sebaiknya Anda kembali melakukan seleksi pada setiap menu Anda.

Pastikan semua menu yang dipajang di Grab Food merupakan menu yang layak antar mengingat hal ini dapat saja berpengaruh terhadap rating serta reputasi toko Anda.

Berikan harga yang sesuai

Harga yang sesuai tentunya akan menarik bagi beberapa pelanggan khusus. Terutama juga rasa dan sensasi yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan.

Dikutip dari KataData.co.id, terdapat beberapa rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia terhadap makanan sesuai jam makan.

Pengeluaran yang paling sedikit terletak pada menu lepas makan malam, sebesar 22-24 ribu rupiah.

Dilanjutkan dengan menu sarapan, yakni sebesar 25-27 ribu rupiah mengikuti menu santai sore, yaitu 26-28 ribu rupiah.

Lalu, menu makan siang sebesar 34-36 ribu rupiah dan terakhir menu makan malam sebesar 37-39 ribu rupiah.

Selain itu, 40% masyarakat Indonesia juga rela mengeluarkan anggaran lebih untuk produk dengan kemasan yang ramah lingkungan, yaitu sebesar 4.500 rupiah per pesanan.

Anda dapat mencoba untuk menyesuaikan harga produk dengan fakta-fakta yang telah disebutkan.

Pastikan foto yang digunakan menggugah selera

optimasi grab food - foto makanan

optimasi grab food – foto makanan (sumber restaurant india)

Pastikan kualitas foto yang Anda gunakan bagus dalam segala hal, baik dalam hal resolusi maupun kualitas.

Seperti yang kita tahu, kesan manusia terhadap sesuatu dapat berawal dari apa yang dilihatnya.

Untuk itu, pastikan foto yang Anda gunakan dalam menu menarik serta menggugah selera pembeli.

Dalam hal ini Anda dapat memaksimalkan dengan mengeluarkan anggaran untuk alat penunjang foto menu makanan Anda.

Gunakan Fitur Search Ads

Search Ads juga merupakan layanan yang ampuh untuk peningkatan penjualan toko.

Dilansir dari KataData.id, rata-rata merchant Grab Food mengalami peningkatan penjualan sebesar 300% setelah menggunakan layanan Search Ads. Sangat megagumkan bukan?

Pilihlah kemasan makanan dengan tepat

Pengemasan tentunya dapat beerpengaruh terhadap kesan dan presentasi makanan yang diantar melalui layanan Grab Food.

Untuk itu, pastikan kemasan Anda sesuai. Pilihlah bahan kemasan yang tidak mudah rusak, berkualitas baik, serta food friendly.

Sebagai ide tambahan, Anda juga dapat menambahkan logo toko Anda pada kemasan maupun alat makan sekali pakai yang digunakan.

Manfaatkan beberapa promosi untuk toko Anda

Anda dapat menambahkankan beberapa promosi yang menarik untuk penjualan Anda untuk meningkatkan penjualan.

Mulailah dengan memberikan diskon pada beberapa produk tertentu dan beberapa produk khusus.

Anda juga dapat berkolaborasi dengan Grab Food untuk memberikan diskon khusus bagi pelanggan.

Tingkatkan ketepatan waktu toko Anda

Efisiensi merupakan hal yang juga dapat berpengaruh pada penilaian konsumen terhadap layanan toko Anda.

Sebaiknya, pastikan untuk selalu mengantarkan produk Anda selagi masih fresh.

Jangan biarkan konsumen Anda menunggu agar penjualan berjalan dengan baik. (ris/eve)

 

Sumber foto: restaurant india, click the city

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like

Jualan Online

Bisnis online yang kian menjamur, tidak lepas dari perusahaan pengiriman barang yaitu kurir. Pada penelitian di bulan Oktober tahun 2020, 85,2% mayoritas masyarakat Indonesia...

Toko Online

Bisnis online saat ini sangat digandrungi oleh siapa saja, karena kemudahan dan keefektifannya saat dijalankan membuat bisnis online menjadi trend di beberapa tahun belakangan...

Ecommerce

Saat ini, semua hal serba digital, begitu pula dengan penjualan makanan yang sudah merambah masuk ke dalam dunia maya. Hanya bermodalkan foto yang menggugah...

Bisnis Online

Loyalitas pelanggan adalah keterikatan pelanggan kepada sebuah produk atau jasa yang mereka pakai. Biasanya, bila pelanggan sudah loyal terhadap brand atau merk Anda maka...