Dilansir dari Split Dragon, dalam beberapa tahun terakhir, pasar Lazada disebut-sebut semakin kompetitif.
Dari 6 negara pengguna layanan Lazada, telah ada lebih 125.000 penjual yang menjajakan produknya.
Hal ini tentu berpengaruh pada semakin bervariasinya ragam barang yang dijual di ecommerce tersebut.
Selain itu, Lazada juga masuk dalam peringkat 4 besar ecommerce yang mengalami kemajuan di kuarter kedua tahun ini.
Adanya kelebihan tersebut tentunya dapat Anda manfaatkan dalam menambahkan penghasilan. Juga dalam memasarkan produk Anda secara lebih luas lagi.
Dalam melakukannya, terdapat beberapa tips berjualan di Lazada yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.
Berikut pembahasan lengkapnya versi Gerai Blog
Mengelola feedback pelanggan dengan baik
Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan fitur rating yang terdapat pada toko Anda dan juga halaman produk yang Anda jual.
Karenanya, pastikan juga barang yang Anda jual di Lazada merupakan produk yang berkualitas dan sesuai pesanan.
Selain itu, Anda dapat meningkatkan layanan lain agar mendapat feedback yang baik.
Misalnya membangun engagement melalui ulasan pelanggan dan juga respon yang cepat (fast respond) saat menerima chat.
Selain itu, pengiriman yang cepat dapat menambah nilai plus.
Perbarui stok toko
Hal kedua yang harus Anda perhatikan ialah stok foto.
Pastikan stok yang Anda tampilkan pada halaman produk sesuai dengan jumlah barang yang ada pada toko Anda.
Hal ini berguna untuk menghindari respon negatif pelanggan karena stok yang tidak sesuai.
Kecuali jika bisnis Anda berkonsep made by request (dibuat setelah dipesan), atau pre-order.
Memanfaatkan promosi untuk toko Anda
Tawarkan beberapa promosi yang menarik untuk pelanggan Anda, seperti diskon besar-besaran, voucher dan pembelian khusus.
Sebagai langkah awal, tawarkan promosi-promosi tersebut pada waktu yang sangat terbatas.
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan event diskon yang dilaksanakan Lazada pada waktu tertentu.
Dengan harga yang murah, pembeli akan semakin tertarik untuk membeli produk Anda.
Mengelola harga produk
Untuk harga, pastikan kualitas produk yang Anda jual telah sesuai.
Sebaiknya lakukan riset dengan toko kompetitor telebih dahulu dalam menentukan harga produk. Hal ini juga sangat berpengaruh pada penilaian pembeli.
Selain itu, barang dengan harga terendah akan mudah untuk muncul di fitur filter dalam kolom pencarian pada Lazada.
Meningkatkan katalog dan halaman produk
Terdapat beberapa elemen yang harus Anda perhatikan dalam katalog dan halaman produk, seperti foto produk dan juga deskripsi.
Pastikan foto produk Anda memiliki kualitas yang bagus untuk menarik minat pelanggan.
Dalam hal deskripsi, cantumkan informasi produk secara detail, seperti warna, varian hingga ukuran yang ada.
Tambahkan juga informasi khusus pada barang yang stoknya sedang habis.
Hal ini berguna untuk mengatasi kesalahan dalam proses pengiriman dan penerimaan barang yang dipesan.
Memprioritaskan kepuasan konsumen
Dalam melakukan penjualan, perhatikan juga kepuasan pelanggan mengenai setiap layanan yang ada.
Pastikan reputasi bisnis Anda baik dalam segala hal.
Hal ini tentunya dapat selalu Anda lakukan dengan menjaga kualitas produk yang Anda jual.
Selain itu, pastikan barang yang dikirim sesuai dengan pesanan dan tidak rusak saat dikirim.
Mempromosikan lewat media lain
Untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa juga untuk memanfaatkan layanan lainnya.
Seperti mempromosikan lewat media sosial mainstream, misalnya di Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, hingga YouTube.
Anda juga dapat menggunakan layanan iklan yang terdapat di media tersebut bahkan di website Lazada sendiri. Selain itu, pastikan untuk selalu meningkatkan SEO pada produk Anda. (ris/eve)
Sumber foto: GrupM, Lazada
