Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ecommerce

Tingkatkan Penjualan Toko Online: Tips Optimasi Tokopedia

optimasi tokopedia

Tokopedia hadir di Indonesia pada tahun 2009 dengan misi pemerataan ekonomi digital.

Dengan layanan yang mencakup seluruh Indonesia, kini ecommerce Tokopedia telah menjadi salah satu perusahaan startup dengan predikat unicorn.

Tokopedia sendiri banyak dipilih karena pilihan barang yang dijual beragam dan lengkap.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online, Tokopedia merupakan platform yang layak untuk dipilih.

Terlebih lagi, kini Tokopedia juga telah berkolaborasi dengan Gojek dalam memaksimalkan layanannya.

Berikut beberapa tips yang Anda dapat terapkan untuk mengoptimalkan toko online Anda di Tokopedia

Meingkatkan Branding Toko

Dalam hal ini, Anda dapat memulai dengan memasukkan logo bisnis Anda sebagi foto toko.

Jangan lupa juga untuk menambahkan sampul toko. Sampul toko juga dapat berupa produk yang Anda jual hingga beberapa regulasi khusus yang ingin Anda terapkan.

Lengkapi juga deskripsi produk dengan kalimat yang menarik. Anda dapat menceritakan awal berdirinya toko Anda hingga jam dan waktu operasi toko Anda sesuai dengan kebutuhan.

Pada fitur etalase, Anda juga dapat menambahkan beberapa produk sesuai kategorinya masing-masing agar pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang diinginkan.

Upgrade Toko Menjadi Power Merchant

optimasi tokopedia - power merchant

optimasi tokopedia – power merchant (sumber addiciton)

Fitur ini memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan toko dengan mengandalkan reputasi toko.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika toko online Anda bergabung menjadi Power Merchant, antara lain meningkatkan daya tarik toko hingga 4 kali lipat dari biasanya, serta menjadi pilihan pembeli dengan menerima pesanan hingga 5 kali lipat.

Dengan begitu, toko online yang Anda bangun akan dapat menjadi lebih untung hingga 5,5 kali lipat.

Selain itu terdapat juga beberapa fitur tambahan yang menarik, produk unggulan, statistik toko, TopAds, Broadcast Chat dan Fitur Keuangan.

Untuk menjadi Power Merchant, ada 2 syarat yang harus dipenuhi, yaitu verifikasi data diri dengan mengupload KTP serta skor performa toko lebih dari 60 poin.

Adapun biaya yang dikenakan ialah 1,5% per produk terjual.

Memanfaatkan Fitur TopAds

Dilansir dari Ginee, Fitur TopAds yang ditwarkan Tokopedia cukup lengkap, yaitu meliputi 4 pilihan layanan seperti iklan toko, iklan produk, kata kunci dan juga headline.

Dalam iklan toko, akan ditampilkan beberapa elemen penting dalam toko seperti nama toko, foto produk yang dijual serta foto profil toko.

Iklan produk sendiri merupakan iklan yang menampilkan sebuah produk tertentu. U

ntuk Kata Kunci, terdapat sistem yang unik, yaitu mencocokkan kategori produk dengan kata-kata yang paling banyak dicari.

Sementara headline akan membantu Anda agar headline toko Anda ditampilkan pada halaman pencarian paling atas. Fitur headline juga dapat diintegrasikan dengan media sosial.

Memanfaatkan Fitur Insight Toko

Adanya fitur Insight toko akan membantu Anda dalam melihat aktifitas yang ada di toko online Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat memantau jumlah kunjungan dan pembelian yang terjadi setiap harinya.

Memanfaatkan Fitur Chat dan Diskusi

Fitur Chat dan Diskusi merupakan salah satu cara yang dapat Anda gunakan dalam meningkatkan skor performa toko.

Skor performa toko dapat dinilai dari interaksi yang dilakukan penjual dengan pembeli dan calon pembeli.

Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat pesan kustom untuk pembeli.

Senantiasa memberikan balasan untuk diskusi dan ulasan bagi pembeli juga akan meningkatkan engagement serta kepuasan pembeli.

Untuk itu, pastikan untuk selalu mengatur waktu operasi toko Anda agar dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan di waktu yang tepat. (ris/eve)

 

Sumber foto: kr asia, addiction

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like

Jualan Online

Bisnis online yang kian menjamur, tidak lepas dari perusahaan pengiriman barang yaitu kurir. Pada penelitian di bulan Oktober tahun 2020, 85,2% mayoritas masyarakat Indonesia...

Toko Online

Bisnis online saat ini sangat digandrungi oleh siapa saja, karena kemudahan dan keefektifannya saat dijalankan membuat bisnis online menjadi trend di beberapa tahun belakangan...

Bisnis Online

Loyalitas pelanggan adalah keterikatan pelanggan kepada sebuah produk atau jasa yang mereka pakai. Biasanya, bila pelanggan sudah loyal terhadap brand atau merk Anda maka...

Buat Website

Website ecommerce adalah salah satu elemen penting dalam berbisnis online. Tampilan website ini akan menjadi wajah tokoh baru Anda. Karena itu, penting untuk membuat...