Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ecommerce

Tingkatkan Penjualan Toko Online: Tips Optimasi Shopee

optimasi shopee

Bisnis online merupakan bisnis yang paling diminati di kala pandemi seperti saat ini.

Dalam melakukan bisnis, tentunya perlu dilakukan riset mengenai platform ecommerce yang cocok bagai bisnis Anda.

Mengingat setiap ecommerce pasti memiliki beberapa regulasi yang berbeda-beda.

Namun pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengembangkan profil toko online Anda di website ecommerce?

Jadi Gerai pun merangkum tips optimasi penjualan toko online berdasarkan situs ecommerce. Kali ini yang akan dibahas adalah Shopee.

Tentang Shopee

Bagi masyarakat Indonesia, Shopee terkenal dengan harga barang-barangnya yang murah dan berkualitas.

Bagi Anda yang memiliki bisnis produk kecantikan, kesehatan, serta fashion, Shopee merupakan platform yang tepat.

Pasalnya, Shopee merupakan platform yang paling mudah untuk digunakan bagi Anda yang baru saja memulai bisnis.

Selain itu, kita juga dapat langsung berkomunikasi dengan supplier jika ingin mendaftar sebagai reseller atau dropshipper.

Terdapat juga banyak event diskon menarik yang selalu ada di situs ecommerce ini, seperti diskon bulanan, Harbolnas, dan lain-lain.

Berikut tips-tips yang dapat Anda cobakan di toko online Anda untuk optimasi Shopee:

Meningkatkan Branding Pada Profil Toko

Dalam hal ini, Anda dapat memilih logo dan juga banner toko yang menarik agar dapat menarik perhatian.

Selain itu, Anda dapat menuliskan deskripsi singkat mengenai toko Anda serta beberapa regulasi khusus yang ingin Anda terapkan.

Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa kategori produk demi memudahkan pelanggan.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kategori khusus, seperti kategori produk yang sedang diskon.

Memanfaatkan Layanan Chat dan Interaksi dengan Pelanggan

optimasi shopee - chat

optimasi shopee – chat (sumber help shopee)

Layanan Chat merupakan layanan yang tak kalah penting dalam menjaga interaksi toko online dengan pelanggan.

Kini, layanan ini juga telah merangkap sebagai tolak ukur toko online dalam layanan ini.

Sebuah toko online akan dianggap semakin aktif dan memuaskan jika admin cepat dalam merespon (fast respond) chat maupun interaksi lainnya.

Dalam hal ini, Anda dapat mengkostumisasi pesan otomatis yang ingin Anda kirimkan pada pelanggan.

Selain itu, Anda dapat mengoptimalkan interaksi dengan menentukan dan menuliskan jam kerja toko online Anda pada Profil.

Menjalankan Kampanye

Untuk meningkatkan penjualan, mengikuti kampanye Shopee mungkin dapat Anda coba.

Dilansir dari Split Dragon, terdapat beberapa syarat yang dipenuhi untuk toko yang ingin mengikuti kampanye.

Seperti deskripsi harus layak dan menarik, harga menarik, serta kesediaan dalam memberikan diskon 10-20% bagi pelanggan.

Memanfaatkan Fitur Top Pick

Dilansir dari Split Dragon, fitur ini dirancang untuk meningkatkan crosselling produk.

Penjual dapat menambahkan beberapa barang pada halaman produk toko lain.

Dengan begitu, pengunjung yang mengunjungi halaman tersebut juga dapat mengunjungi halaman produk yang ditampilkan tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat 10 koleksi produk. Namun hanya 1 koleksi yang dapat ditampilkan pada waktu tertentu.

Nominasi Produk untuk Flash Sale

optimasi shopee - flash sale

optimasi shopee – flash sale (sumber blog shopee)

Ini adalah salah satu fitur andalan yang ada di Shopee.

Fitur ini menungkinkan penjual untuk menampilkan produk diskon dengan batasan waktu untuk pembeli.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi ialah waktu mulai dan berakhir, stok yang cukup, serta barang yang dipilih harus merupakan kategori barang yang sesuai dengan Flash Sale.

Membuat Voucher Untuk Meningkatkan Penjualan

Layanan ini juga tak kalah menarik. Terdapat 2 jenis voucher yang bisa Anda manfaatkan.

Ada diskon yang hanya ada pada beberapa produk tertentu. Ada juga diskon toko yang dapat digunakan untuk semua produk.

Menawarkan Pilihan Diskon yang Menarik

Selain voucher, diskon pada produk-produk tertentu juga dapat meningkatkan penjualan.

Anda dapat menawarkan diskon pada produk yang paling laku terlebih dahulu.

Dalam memanfaat kan fitur ini, pastikan Anda mengatur batas waktu diskon produk Anda agar semakin menarik pelanggan. (ris/eve)

 

Sumber foto: ardata media, help shopee, blog shopee

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like

Jualan Online

Bisnis online yang kian menjamur, tidak lepas dari perusahaan pengiriman barang yaitu kurir. Pada penelitian di bulan Oktober tahun 2020, 85,2% mayoritas masyarakat Indonesia...

Toko Online

Bisnis online saat ini sangat digandrungi oleh siapa saja, karena kemudahan dan keefektifannya saat dijalankan membuat bisnis online menjadi trend di beberapa tahun belakangan...

Bisnis Online

Loyalitas pelanggan adalah keterikatan pelanggan kepada sebuah produk atau jasa yang mereka pakai. Biasanya, bila pelanggan sudah loyal terhadap brand atau merk Anda maka...

Buat Website

Website ecommerce adalah salah satu elemen penting dalam berbisnis online. Tampilan website ini akan menjadi wajah tokoh baru Anda. Karena itu, penting untuk membuat...