Facebook Marketplace adalah sebuah fitur dalam media sosial biru tua itu untuk para pebisnis. Dewasa ini, penggunaan media sosial perlahan-lahan mulai bergeser.
Bukan hanya menjadi sarana untuk mencari teman dan berbagi konten, tetapi juga menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.
Facebook juga melirik kesempatan ini dan ingin membangun fitur khusus untuk melayani keinginan penggunanya yang niat “jualan” di platform miliknya.
Salah satu fitur baru yang menarik yang disediakan Facebook untuk siapapun yang ingin memulai usahanya ialah Marketplace.
Sekilas tentang Facebook Marketplace
Facebook Marketplace pertama kali dicetuskan pada tahun 2016 lalu yang menjadi tempat pengguna mencari, menjual dan membeli barang dari pengguna Facebook lain.
Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menjual barang layaknya di situs e-commerce ternama, seperti Tokopedia, Shopee dan lain-lain.
Marketplace sangat cocok dengan Anda yang ingin menjual barang secara cepat dan mudah dengan biaya yang terjangkau.
Salah satu hal yang menarik di fitur ini ialah, kemudahant menemukan produk dari lokasi terdekat saat membukanya. Jika tertarik, tinggal menghubungi penjual langsung lewat kolom komentar.
Kini, Facebook juga telah menambahkan fitur komentar otomatis di kolom komentar, sehingga dapat memudahkan komunikasi antar penggunanya.
Jenis-jenis tawaran yang dapat dijual
Awalnya, Facebook Marketplace hanya memungkinkan pengguna untuk menjual barang-barang. Namun kini, fitur tersebut semakin berkembang. Jenis tawaran yang dapat dipilih pun semakin beragam dan dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
- Barang
Pengguna bisa menjual barang-barang apapun. Seperti pakaian, alat tulis, keperluan pribadi, elektronik dan lainnya.
- Kendaraan
Pengguna juga bisa berjualan kendaraan hingga perlengkapan otomotif. Misalnya motor dan mobil.
- Rumah/Kontrakan
Pengguna juga bisa menjual barang yang berbentuk properti, contohnya rumah, kontrakan, maupun kos atau apartemen.
- Lowongan Kerja
Pengguna juga bisa menawarkan lowongan kerja untuk pengguna lainnya.
Langkah Menjual barang di Facebook Marketplace

- Membuka akun Facebook
- Pilih menu marketplace yang berada di pojok kanan Tab Facebook
- Pilih menu jual barang
- Klik kategori penawaran yang diinginkan
- Tambahkan foto
- Masukkan detail produk
Keterangan produk dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu judul, harga, kategori, kondisi, keterangan, ketersediaan, label produk, SKU, Model, jenis properti, dan lain-lain.
Kolom keterangan yang muncul akan disesuaikan dengan jenis tawaran yang ingin Anda tampilkan.
Masukkan lokasi Anda. Hal ini berguna untuk memudahkan pengguna lain untuk menjangkau Anda.
Jika Anda telah melakukan poin-poin di atas, maka keterangan yang Anda masukkan akan tampil pada mode Pratinjau secara otomatis. Setelah semuanya sesuai, klik jual dan barang yang Anda tawarkan akan muncul di Marketplace Facebook
Tips optimasi Facebook Marketplace
- Bersabar dalam menunggu pesanan
Sama seperti di website e-commerce, menunggu pesanan mungkin membutuhkan waktu. Mengingat setiap hari ada banyak barang yang dijajakan oleh pengguna yang lain.
- Mempromosikan lewat akun pribadi Anda
Sembari menunggu pesanan, Anda juga dapat mempromosikan barang dagangan Anda di akun personal.
Jangan lupa tambahkan detail barang secara lengkap, keterangan yang menarik, serta kontak yang dapat dihubungi.
- Menguasai nada komunikasi
Setiap target market yang Anda pilih memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda. Karenanya, sangat disarankan untuk melakukan riset secara mendalam saat Anda menentukan target market.
Cobalah tentukan secara rinci mengenai usia, jenis kelamin hingga tempat tinggal target market Anda.
- Layanan pelanggan
Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan fitur Messenger pada Facebook untuk menanggapi pesan dari pelanggan. Seperti detail produk, info pemesanan hingga permohonan retur dari pelanggan.
Anda juga dapat mencoba untuk menawarkan produk lainnya yang mungkin saja menarik bagi pelanggan maupun calon pembeli.
- Memanfaatkan fitur iklan pada Facebook Marketplace
Kini, beriklan dapat dengan mudah dilakukan di Facebook Marketplace. Memasang iklan memungkinkan produk Anda menjangkau lebih banyak audiens dan pembeli.
Bagaimana, siapkah Anda untuk memulai bisnis lewat Facebook Marketplace? (ris/eve)
sumber foto ilustrasi: @ketut-subiyanto
