Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ecommerce

5 Top Ecommerce Indonesia Terbaik Tahun 2021

menyiapkan barang toko online

Dengan ketatnya pemberlakuan pembatasan sosial di masa pandemi, belanja online menjadi alternatif membeli barang untuk banyak orang.

Pengguna ecommerce Indonesia juga terus meningkat karena hal ini.

Mulai dari bahan kebutuhan pokok hidup hingga barang-barang kebutuhan tersier lainnya.

Dari data yang dioleh oleh sumber masing-masing, ada banyak daftar ecommerce terbaik yang dipakai masyarakat pada tahun 2021.

Dari semua daftar ini, ada 5 ecommerce Indonesia yang selalu berada di peringkat teratas.

Berikut adalah nama mereka.

Tokopedia

logo ecommerce indonesia tokopedia

Tokopedia menduduki posisi puncak berdasarkan daftar yang dibuat oleh SimiliarWeb dan IPrice.

Di daftar rilisan Web Retailers, perusahaan berlogo hijau ini berada di posisi ketiga.

Pengunjung Tokopedia di kuartal pertama 2021 dituliskan antara 70 juta hingga 135 juta setiap bulannya.

Menurut Sirclo berdasarkan survei ecommerceIQ, Tokopedia menjadi pilihan banyak pengguna kerena produk yang tersedia sangat beragam.

Kategori produk yang paling banyak dicari di platform ini adalah barang elektronik, fashion, dan bahan makanan.

Penjual di Tokopedia juga didominasi oleh UMKM.

Untuk mendukung penjualan, Tokopedia menyediakan fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, dan lain-lain.

Ada juga fitur keuangan yang mendukung penjual mengembangkan usaha jualannya, termasuk dalam peminjaman modal.

Shopee

logo ecommerce shopee

Ecommerce asal Singapura Shopee, berada di urutan kedua berdasarkan daftar SimilarWeb dan IPrice.

Berdasarkan Web Retailer, ia adalah ecommerce paling popular di Asia Tenggara dengan 197,8 juta kunjungan per bulan.

Selain di Indonesia dan Singapura, marketplace di bawah SEA Goup ini juga memeiliki pengguna di Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Brazil.

Indonesia adalah penyumbang pengunjung terbesarnya dengan 76,2 juta per bulan.

Sedangkan menurut SimiliarWeb dan IPrice, pengunjung Shopee berkisar antara 118,6 juta hingga 127 juta orang.

Berdasarkan survei, kepopuleran Shopee di Indonesia karena harga produknya yang terjangkau.

Produk-produk yang paling disukai di platform ini antara lain produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion (terutama fashion muslim).

Fitur populer untuk para penjual dari ecommerce ini antara lain ShopeeLIVE, asisten penjual, Chat Bot, dan lain-lain.

Bukalapak

logo bukalapak yang terbaru

Bukalapak menduduki posisi ketiga dalam daftar SimiliarWeb dan IPrice.

Keduanya mencatat kunjungan per bulan Bukalapak sekitar 31,11 juta hingga 34 juta.

Didirikan pada tahun 2010, platform ini dibuka sebagai “lapak online” untuk para pengusaha UMKM.

Alasan kepopuleran Bukalapak di Indonesia karena harga yang murah dan produk yang banyak.

Produk elektronik, fashion, serta hobi dan gaya hidup adalah 3 jenis produk yang paling banyak di cari.

Dua fitur paling disukai penjual di platform ini adalah inventaris barang dan pantau penjual.

Lazada

Lazada berada di posisi keempat ecommerce Indonesia berdasarkan data rilisan SimiliarWeb dan IPrice.

Keduany mencatat kunjungan per bulan platform ini sebanyak 29,75 juta hingga 30 juta.

Lazada dikenal oleh penggunanya dengan reputasi yang baik dan harga yang terjangkau.

Produk yang banyak dicari di ecommerce ini antara lain elektronik dan fashion.

Lazada dibuka di Singapura tahun 2012 dan pada tahun 2016, perusahaan ini diakuisisi oleh Alibaba.

Menurut Web Retailer, ia adalah ecommerce terpopuler nomor 2 di Asia Tenggara dengan 161,7 juta kunjungan per bulan.

Pengunjung ini datang dari Thailand, Filipina, Indonesia, serta negara ASEAN lain.

Blibli

logo eccomerce top indonesia blibli

Blibli adalah ecommerce Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar ini.

Menurut Web Retailer, di Asia Tenggara ia mengumpulkan 15,8 juta pengunjung per bulan.

Sedangkan data dari SimilarWeb dan IPrice menunjukkan kunjungan per bulannya sekitar 19 juta.

Platform di bawah Djarum Group ini terkenal karena reputasi yang baik dan produk yang otentik.

Kebanyakan pengguna memakainya untuk mencari produk elektronik, fashion, dan makanan.

Blibli menyebut ada 16 ribu toko yang menjadi mitranya dan tersebar di lebih dari 300 kota.

Blibli menawarkan jasa pengiriman gratis, kredit bebas bunga, dan Global Seller Program untuk menarik bisnis internasional.

Itulah tadi 5 platform ecommerce Indonesia yang paling banyak digunakan selama kuartal 1 2021.

Baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara, data menunjukkan mereka berhasil unggul dibanding platform lainnya.

Kelimanya juga menunjukkan ada pasar yang besar di platform ecommerce Indonesia dengan banyaknya pengguna yang berkunjung.

Jadi strategi yang tepat harus disiapkan sebelum membuka usaha online milik Anda sendiri.

sumber foto:pexels @kampus

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like

Toko Online

Dengan internet, belanja di toko online luar negeri bukan hal yang aneh lagi. Internet sudah lama menghubungkan orang dari seluruh dunia. Hal ini termasuk...

Digital Marketing

Era digital seperti sekarang ini membuat hampir seluruh masyarakat menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhannya. Semua dapat dibeli atau dipesan secara online tanpa harus repot-repor...

Bisnis Online

Bisnis online merupakan segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh  seorang individu ataupun sekelompok orang menawarkan suatu produk atau bahkan jasa dengan memasarkannya melalui jaringan...

Buat Website

Website merupakan satu atau lebih halaman digital dalam satu domain yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi menggunakan perangkat elektronik untuk berbagi berbagai macam...