Peran influencer saat ini memang cukup besar dalam mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Dengan menggunakan jasa influencer memang banyak manfaat yang diperoleh. Anda dapat dengan mudah membangun kepercayaan konsumen, menentukan target pasar, mendapatkan feedback secara cepat.
Selain itu, peran influencer dalam dunia bisnis online juga dapat mempermudah Anda dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Nah, saat ini seperti yang kita ketahaui sudah banyak influencer – influencer yang bermunculan di dunia bisnis online. Mereka bahkan dengan cepat aktif muncul satu per satu untuk menawarkan jasanya.
Dengan kemunculan berbagai influencer ini Anda tentu juga harus dengan teliti memilih influencer yang tepat untuk strategi pemasaran Anda.
Pastikan Anda memilih influencer yang bertanggung jawab, tepat, dan dapat memberikan feedback yang cukup baik untuk bisnia yang Anda kelola.
Untuk itu, Gerai menyusun tips memilih influencer yang tepat yang bisa Anda ikuti. Simak dan ikuti ulasannya berikut ini.
-
Lihat Jumlah Pengikut Akun Media Influencer
Hal yang paling utama dilakukan adalah dengan melihat jumlah pengikut akun media calon influencer tersebut.
Hal ini penting karena semakin banyak jumlah pengikut akun media influencer tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui produk atau jasa yang dipromosikan.
Selain itu, pastikan pula bahwa pengikut – pengikut tersebut merupakan pengikut asli bukan palsu. Hal ini karena ada pula influencer – influencer yang menggunakan jasa jual beli pengikut.
-
Perhatikan Persentase Engangement
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan persentase engangement atau hubungan interaksi antara influencer dengan pengikutnya.
Hal ini dapat Anda lihat dan perhatikan dari jumlah suka dan komentar di setiap konten yang diunggah oleh influencer tersebut.
-
Pilih Influencer yang Relevan Dengan Produk yang Ditawarkan
Selanjutnya, pilihlah influencer yang relevan dengan produk atau jasa yang kalian tawarkan.
Apabila Anda merupakan pelaku bisnis dalam bidang kuliner, Anda dapat memilih influencer yang bergerak dalam bidang yang kuliner pula.
-
Cek Konten Influencer
Tips yang terakhir yaitu Anda harus melakukan cek terhadap konten calon influencer untuk mengetahui brand – brand yang pernah bekerja sama dengan influencer tersebut.
Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui bahwa tidak ada kompetitor dari brand lain yang dipromosikan oleh influencer tersebut.
Selain itu, pastikan konten pribadi influencer tersebut juga tidak terlalu banyak jumlahnya.
Itulh tadi tips memilih Influencer yang bisa Anda terapkan. Telitilah dalam memilih influencer yang bertanggung jawab untuk strategi pemasaran Anda. Jangan lupa untuk selalu menerapkan tips – tips di atas! (Ars/Eve)
Sumber: Jurnal.id
Sumber foto: blog.hootsuite.com, rapido no ar
