Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing Dan Penerapannya Dalam Binis Online

konsultasi digital marketing

Digital Marketing merupakan suatu bentuk promosi ataupun pemasaran yang menggunakan media internet dan media digital yang menggunakan koneksi internet seperti televisi, komputer dan handphone.

Promosi di dunia digital dianggap lebih efektif dikarenakan – dalam hal ini internet – mudah diakses dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi menurut data Internetworldstas per Juni 2021, 76,8% penduduk Indonesia sudah terhubung ke internet dari total penduduk 276 juta jiwa.

Tentunya kesempatan untuk dilihat lebih banyak orang ada di internet, setiap bisnis berusaha sedemikian rupa agar terlihat di bagian manapun dalam dunia online.

Penerapan Digital Marketing

Sebagai pemilik bisnis Anda juga tidak boleh ketinggalan untuk melakukan promosi dalam dunia digital.

Tujuannya: menjangkau orang sebanyak mungkin dan mendapatkan pembeli.

Mari kita bahas sedikit hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan digital marketing.

Non-linear Marketing

Menurut i-scoop  pendekatan non-linear dalam strategi promosi menjadi lebih terlihat di era modern yang semuanya sudah saling terhubung dengan internet.

Konsumen tidak suka dengan iklan atau promosi yang bersifat “memaksa” atau menyuruh mereka untuk membeli sesuatu.

Karena itu sekarang banyak brand yang menyampaikan pesan promosi dengan cara yang tidak mengganggu dan terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

Promosi seperti ini terkadang membuat konsumen merasa seolah-olah tidak sedang disuguhi iklan.

Dalam non-linear marketing Anda sebagai pemilik bisnis akan mengumpulkan data, informasi dan aktivitas dari pengguna internet sembari berusaha untuk terlihat di berbagai saluran internet/platform yang dapat menjangkau konsumen.

Omnichannel

Bila merujuk pada Criteo, omnichannel marketing adalah teknik promosi yang fokus pada konsistensi, bentuk promosi yang dibuat khusus terhadap berbagai calon konsumen dan ditampilkan di berbagai platform.

Dalam omnichannel marketing promosi terfokus pada konsumen yang ditargetkan bukan pada platformnya.

Tujuan utamanya adalah agar konsumen mendapatkan pengalaman belanja yang mudah dari manapun konsumen tersebut mengakses produk dalam promosi Anda.

Contohnya, seorang karyawati yang baru masuk kerja sedang melihat-lihat Blazer di Instagram saat jam makan siang.  Sorenya di KRL saat pulang kerja, dia melihat iklan Blazer pada video youtube yang sedang ditonton. Sebelum tidur iklan Blazer yang sama muncul di website Kompas saat membaca berita bisnis di hari itu.

Promosi Blazer tersebut dibuat untuk menargetkan wanita umur produktif yang (mungkin) membutuhkan pakaian kerja, yang tersedia di platform manapun dan menyesuaikan dengan data penelusuran di internet.

Brand Awareness

Salah satu target utama dari digital marketing adalah kesadaran merek (brand awareness) sehingga konsumen dan orang-orang mengetahui dan mengenali brand Anda.

Dalam esai berjudul “Impact of Brand on Consumer Behavior”, meningkatkan brand awareness itu sangat penting karena mempengaruhi keputusan untuk membeli oleh konsumen.

Karena itu tak jarang brand yang melakukan promosi dengan tujuan yang fokus pada brand awareness ketimbang untuk meningkatkan penjualan.

Channel dalam Digital Marketing

Berikut beberapa channel atau media dan platform yang bisa umunya digunakan untuk melakukan promosi bisnis :

  1. Affiliate marketing. Bentuk promosi yang memberikan imbalan sesuai dengan berapa banyak orang yang bisa didatangkan/membeli produk dan jasa oleh orang yang tergabung dalam afiliasi dengan cara promosi mereka sendiri.
  2. Display ads. Promosi yang dapat dilihat oleh konsumen di semua media yang terhubung dengan internet, baik berupa gambar, tulisan, flash, video dan audio.
  3. Email marketingMerupakan bentuk promosi paling murah dan bisa menyampaikan secara langsung pesan promosi yang akan disampaikan kepada pelanggan maupun calon pembeli.
  4. Search Engine Marketing (SEM). Promosi yang berbayar agar situs web anda berada di posisi paling atas dalam mesing pencarian seperti Google, dikenal juga dengan istilah Pay Per Click (PPC).
  5. Social Media Marketing. Anda mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai akun sosial lainnya.
  6. In-game Advertising. Promosi yang dipadukan dalam sebuah game.
  7. Video Advertising. Promosi dalam bentuk video yang mudah ditemukan di platform seperti Youtube.
  8. Native Advertising. Promosi dibuat seperti konten yang biasa dibagikan dalam sebuah platform, terlihat seolah-olah bukan iklan.
  9. Content Marketing. Membuat konten yang bertujuan untuk membantu dan menarik perhatian konsumen serta meningkatkan brand awareness.
  10. Sponsored Content. Konten promosi yang dibuat spesifik untuk sebuah produk maupun jasa.
  11. Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah sebuah cara untuk membuat suatu situs agar mendapat urutan paling atas dalam hasil pencarian.

Metode yang digunakan dalam Digital Marketing

Berikut ini adalah metode yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan digital marketing saat mengawali bisnis online:

  • Membuat website dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO).
  • Membuat akun media sosial bisnis Anda dan menjalankan Social Media Marketing
  • Menyiapkan materi video yang bisa dipakai dalam Video Marketing
  • Mengumpulkan data calon konsumen dan menjalankan kampanye Email Marketing
  • Blogging dengan membagikan konten bermanfaat yang membantu konsumen serta mengenal produk Anda
  • Search Engine Marketing bila kompetitor Anda telah mengisi slot iklan dalam pencarian yang menjadi target Anda.
  • Beriklan dalam bentuk Display Ads dan Content Marketing.

Dalam videonya yang berjudul “The Future of Marketing – in 2021 and Beyond“, survei Neil Patel Digital mencatat biaya promosi yang dikeluarkan berdasarkan channel:

  1. Lebih dari 50% dibelanjakan di Google Ads
  2. Lebih dari 15% promosi melalui Facebook Ads
  3. Sisanya digunakan untuk SEO, Content Marketing, Social Media Marketing, dll.

Nilai konversi yang dicatatkan sangat besar dan dipegang oleh Google Ads, Facebook Ads dan SEO/Content Marketing secara berurutan.

Melalui survei tersebut dapat dilihat bahwa melakukan promosi di Google dan Facebook masih sangat menjanjikan apalagi untuk target pasar lokal seperti Indonesia.

Penutup

Semoga dengan membaca artikel diatas Anda dapat lebih mengenal digital marketing.

Bila Anda punya bisnis online dan ingin menjalankan metode-metode digital marketing tersebut, tim kami di Gerai dapat membantu.

Anda juga dapat menghubungi Gerai untuk konsultasi bisnis online atau ingin menanyakan lebih lanjut bagimana melakukan promosi untuk bisnis Anda saat ini. (Ivn/Crs)

 

sumber:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Affiliate_marketing
  2. https://www.i-scoop.eu/integrated-marketing-nonlinear-connected-buyer-journey/
  3. https://www.criteo.com/blog/omnichannel-vs-multichannel/
  4. foto @fauxels/Pexel
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like

Digital Marketing

Biasanya, sebuah artikel di Internet membutuhkan kata kunci yang tepat. Hal ini membutuhkan riset terhadap keyword yang bisa mendongkrak peforma artikel yang ditulis. Untungnya,...

Digital Marketing

Brand Awareness adalah kemampuan suatu individu atau konsumen untuk dapat langsung mengetahui, mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat gambar, iklan, logo dan...

Digital Marketing

Era digital seperti sekarang ini membuat hampir seluruh masyarakat menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhannya. Semua dapat dibeli atau dipesan secara online tanpa harus repot-repor...

Buat Iklan

Banyak orang tidak tahu bahwa membuat website toko online membawa sejuta manfaat. Selain memasarkan prosuk secara lebih ekslusif dan terfokus, membuat website dapat membantu...