Apakah Anda ingin meningkatkan akun Instagram untuk bisnis Anda?
Anda mungkin sudah mengerti untuk menarik perhatian konsumen, konten-konten dalam akun Instagram berdampak cukup besar bagi suatu produk atau brand.
Bila suatu konten cukup unik dan menarik tentunya akan memudahkan dalam mendapatkan konsumen.
Dalam artikel ini Anda akan mengetahui perencanaan target, jenis konten, penjadwalan dan optimasi di akun Instagram.
Rencanakan target akun Instagram
Sebelum memulai membuat akun Instagram untuk bisnis, ada baiknya untuk merencanakan target untuk akun Instagram bisnis Anda.
Target yang umumnya dibuat antara lain:
- Menjangkau banyak orang, dapat dibantu dengan pemilihan hashtag (#) yang sesuai dengan apa yang ingin Anda sampaikan ke banyak orang.
- Membangun komunitas, tentunya perlu aksi yang nyata dan membuat hati target penonton bergabung dengan komunitas Anda.
- Mendapatkan engagement seperti like, komentar dengan cara mengajukan pertanyaan dan membuat konten yang menginspirasi.
- Meningkatkan penjualan, bagikan konten yang mengajak dan mengundang calon konsumen untuk membuka link toko online di bio Instagram Anda.
- Menambah kunjungan ke website toko online.
Jenis Konten Instagram
Tentunya Anda dapat melihat konten seperti apa yang cocok dan disenangi oleh target konsumen dengan melihat akun Instagram kompetitor (saingan).
Namun tak selamanya konten yang dibuat kompetitor akan berhasil buat Anda, jadi bila sudah punya target, waktunya memilih konten yang tepat.
Berikut beberapa jenis konten yang dapat Anda buat:
- Foto atau Video Produk
Ini adalah cara paling sederhana untuk mempromosikan suatu produk. Anda dapat menambahkan variasi pada foto atau video agar dapat menunjukan fitur-fitur atau keunggulan dari jenis produk yang dijual.
- Fitur Instagram Carousel
Carousel di Instagram ini membuat penggunannya dapat mengunggah lebih dari satu foto dalam satu kali upload.
Maksimal adalah 10 foto atau video dalam satu kali upload, coba variasaikan 3 foto dan 7 video, atau 5 foto dan 5 video sesuai dengan kreasi anda.
- Flatlay
Jenis konten dimana Anda meletakkan barang-barang diatas permukaan yang datar dan menyusunnya dengan cara yang kreatif.
Konten ini banyak digemari oleh orang-orang karena terlihat besih, rapih, simple dan menarik.
- Pola Feed Pada Akun Instagram
Banyak pebisnis yang mengatur pola feed mereka agar terlihat memiliki pola tertentu.
Tujuan utamanya untuk menarik perhatian konsumen, sehingga mereka lebih lama melihat konten-konten di profile Anda.
- Konten Instagram Live
Bisa dibilang paling efektif adalah dengan melakukan siaran live karena penjual dapat memperkenalkan atau menjelaskan kelebihan suatu produk secara langsung.
Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dengan membuat sesi tanya jawab.
- Konten Interaktif (Kuis & Giveaway)
Anda bisa membuat kuis sekitaran produk yang anda jual dan memberikan hadiah.
Semakin sering anda memberikan giveaway sudah pasti bisa menarik perhatian banyak orang..
- Konten Hiburan
Sesekali membagikan konten hiburan karena memungkinkan pengguna lain maupun konsumen Anda untuk membagikan konten tersebut kepada teman-temannya.
Jadwalkan Konten
Menjadwalkan posting instagram tentunya akan membantu Anda fokus untuk mengurus bisnis.
Anda juga dapat menyesuaikan waktu posting terbaik untuk tipe konten yang akan dibagikan.
Cek Instagram Insight untuk melihat waktu yang paling sesuai untuk membagikan konten.
Aplikasi seperti Instagram Feed Planner dapat membantu menjadwalkan posting dan memberikan kemudahan.
Evaluasi dan Optimasi
Lihat bagaimana hasil dari konten yang sudah dibagikan, apakah target yang Anda buat sudah tercapai?
Sehingga Anda dapat menilai apakah usaha yang sudah dilakukan sesuai dengan hasil yang diharapkan.
Bandingkan data yang ada dalam Instagram Insight dengan rencana target Anda.
Jadi, kedepannya mungkin dapat melakukan optimasi atau menambah intensitas konten yang dibagikan. (Ivn/Crs)
sumber foto:@tranmautritam, @serpstat
