TikTok termasuk salah satu media sosial dengan pengguna yang banyak Indonesia. Jadi tidak salah jika konten TikTok juga bisa dipakai untuk promosi bisnis.
Tahun lalu (2020), Indonesia adalah negara kedua dengan pengguna TikTok terbanyak di dunia, dikutip oleh YourSay berdasarkan data Statistika. Per harinya, ada 22,2 juta pengguna aktif di TikTok.
Sangat besar bukan? Angka ini juga bisa menjadi mendatang banyak pelanggan baru di usaha Anda. Syaratnya, konten akun bisnis Anda harus menarik. Berikut ini adalah 7 ide konten TikTok yang bisa dibuat
-
Perkenalan produk
Mengenalkan produk adalah hal wajib untuk dilakukan. Jadi penonton video Anda bisa tahu apa jasa atau barang yang Anda tawarkan kepada mereka.
Anda juga bisa membuat konten seperti spoiler produk, acara product launching, memperkenalkan katalog dengan cara menarik, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengenalkan kelebihan dan info penting lain tentang produk Anda ya.
-
Perkenalan perusahaan
Mengenalkan perusahaan juga bisa menambah ketertarikan calon pelanggan kepada kita. Adan bisa membagikan foto tempat Anda bekerja. Anda juga membuat video saat sedang membuat produk atau packaging dengan ide-ide cerita atau cara yang menarik.
Atau Anda juga bisa memperkenalkan tim kerja Anda. Agar tidak monoton, ajak mereka bermain game, misalnya kuis, membuat undian, dan lain-lain.
-
Success story
Success Story juga bisa menjadi konten menarik. Banyak orang menyukai kisah nyata jenis ini, misalnya dari Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Colonel Sanders, dan lain-lain.
Cerita ini bisa menjadi poin pengingat produk Anda kepada pelanggan. Misalnya mereka yang suka dengan cerita Colonel Sanders pasti akan ingat dengan KFC. Dengan kata lain, ini adalah jalan lain untuk memperkuat merek usaha Anda.
Baca juga: Sebelum Bikin, Kenali Dulu 7 Jenis Konten Instagram
-
Konten edukasi
Jenis konten ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk. Misalnya menginfokan sesuatu hal yang penting tetapi jarang di tema usaha Anda. Atau Anda bisa membuat video tutorial dan life hack.
Contoh konten TikTok jenis ini antara lain tutorial make up untuk pengusaha riasan, cara memadukan baju untuk usaha fashion, life hack mencuci untuk produk kebersihan, dan lain-lain.
-
Testimonial
Testimonial selalu menjadi andalan dalam memperkuat kepercayaan produk di mata masyarakat. Kamu bisa memulainya dengan melakukan repost konten dari pengguna biasa. Tentunya dengan seizin mereka.
Ada juga yang mengumpulkan testimonial dari tempat lain. Simpan gambarnya dan tebitkan lagi di TikTok. Anda juga bisa mengumpulkan banyak testimonial sekaligus.
-
Announcement
Di platform TikTok, Anda juga memberikan berbagai pengumuman penting. Misalnya promo produk terbaru, potongan harga, giveaway, dan lain-lain.
Tentunya jika ada event yang ingin Anda adakan, Anda juga bisa membaut konten tentangnya dan mengajak penonton video untuk bergabung.
Hal lain yang bisa dibagikan antara lain pergantian web usaha, update produk, prestasi usaha, dan lain-lain.
-
Ikut challenge
Cara lain untuk menarik lebih banyak penonton dan calon pelanggan adalah dengan ikut challenge di TikTok. Sebuah hashtag challenge bisa mengumpulkan banyak penonton, apalagi bila tantangan itu menarik.
Lebih hebat lagi jika Anda membuat tantangan sendiri. Efek yang dihasilkan bisa lebih besar dari ikut challenge yang sudah ada. Tentunya Anda juga membuatnya menjadi kontes dan menjadi lebih dekat dengan pelanggan.
Itulah tadi 7 ide konten TikTok yang cocok untuk para pelaku usaha. Potensi TikTok dengan penggunanya yang besar sangat saying untuk dilewatkan. Siap membuat konten di TikTok bisnis Anda?
Sumber foto: Suzy, SG Knox
