Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital Marketing

Content Marketing Adalah: Pengertian dan Manfaat

content marketing

Ecommerce, sosial media, maupun website toko pribadi adalah sebagian bentuk dari suatu bisnis atau usaha menjual produk secara online.

Penjual produk secara online ini pasti juga membutuhkan strategi yang cocok sesuai dengan jenis produk atau barang yang Anda jual.

Ini juga dapat kita katakan sebagai salah satu cara yang termasuk dalam strategi marketing. Jika suatu konten sangat unik dan menarik, sudah dipastikan dapat memikat hati atau brand awareness bagi para konsumen atau calon pembeli.

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah suatu bentuk jenis strategi pemasaran dengan menyebarkan konten-konten yang bernilai agar dapat menarik perhatian konsumen yang dituju.

Cara ini juga dapat dikatakan efektif dibandingkan dengan cara pemasaran yang tradisional.

Cara pemasaran secara tradisional maksudnya kita membuat suatu iklan, spanduk, brosur, dan sejenisnya dengan harapan orang lain dapat melihat dan tertarik untuk membeli produk yang kita jual.

Sedangkan pemaran dengan menggunakan konten secara online ini lebih mudah untuk disebar-luaskan sampai ke belahan negara lainnya.

Dengan internet, semua sudah serba cepat dan lancar yang akan lebih memudahkan lagi penyebaran suatu iklan atau konten.

Dengan strategi seperti ini akan memungkinkan kita untuk membuat konten-konten yang bermanfaat secara perbandingan.

Dibandingkan menonton promosi suatu produk tertentu, maka masih lebih baik menonton iklan yang mempromosikan konten-konten gratis yang akan bermanfaat bagi konsumen.

content marketing

Apa Manfaat Dari Content Marketing?

  1. Membentuk Citra Merek

Dalam berbisnis sangat penting untuk membangun citra merek yang baik dan positif.

Bila citra atau pandangan orang-orang sudah positif mengenai merek Anda, maka mereka tidak akan segan-segan untuk membagikannya atau menceritakan tentang produk atau merek Anda ke orang-orang terdekat mereka.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Jika konten atau iklan yang Anda buat menarik dan unik, itu akan membekas di ingatan para konsumen.

Konsumen akan sangat mudah mengingat produk Anda apabila sedang menonton iklan atau konten yang perusahaan Anda buat.

  1. Kepercayaan Konsumen Meningkat

Kepercayaan pelanggan perlu Anda bangun dengan membuat konten-konten yang bermanfaat, menghibur, dan memberikan wawasan atau ilmu bagi mereka.

Apabila konten yang Anda buat memasuki kriteria-kriteria tersebut, sudah pasti akan mempermudah untuk menarik perhatian konsumen.

  1. Penerapan Untuk Jangka Panjang

Pernah melihat suatu merek bisnis yang memberikan beberapa kisah inspiratif di sosial media merek ?

Tujuannya sudah jelas adalah untuk membangun kepercayaan dari para konsumen.

Berbeda dengan iklan atau ads lainnya, konten-konten yang kreatif dan bermanfaat akan lebih mudah untuk menyentuh hati para konsumen atau calon pembeli.

  1. Efektif Dan Efisien

Anda memasarkan produk Anda dengan cara yang lebih elegan sehingga para konsumen Anda pun tidak menyadari bahwa mereka sedang melihat suatu promosi.

Dalam konteks content marketing, Anda tidak langsung menjual produk, tetapi membangun kepercayaan konsumen terlebih dahulu.

 

Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk mempromosikan produk atau barang Anda dengan menggunakan strategi content marketing.

Konten yang menghasilkan mahakarya yang unik, bagus, dan menarik akan membuat kesan yang positif bagi para konsumen. Selamat mencoba. (Ivn/Eve)

 

Sumber foto: nordic leads, png item

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like