Brand Awareness adalah kemampuan suatu individu atau konsumen untuk dapat langsung mengetahui, mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat gambar, iklan, logo dan sebagainya yang menggambarkan identitas suatu jenis produk/brand.
Branding adalah suatu usaha yang berguna untuk memberikan makna pada suatu produk atau jasa.
Branding juga merupakan faktor yang penting bagi suatu merek atau produk karena mempengaruhi pandangan atau citra bisnis anda dimata para konsumen.
Jika branding suatu produk berjalan dengan baik dan benar maka dengan sendirinya akan menimbulkan ingatan khusus bagi para calon pembeli atau konsumen.
Maka dibutuhkan strategi marketing yang tepat agar brand awareness suatu produk dapat melekat dipikiran para konsumen.
Pentingnya Brand Awareness
Brand Awareness adalah suatu langkah pertama untuk memposisikan merek Anda.
Ini merupakan proses berkelanjutan yang tidak hanya membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi juga membawa kembali pelanggan atau konsumen yang sudah ada untuk membeli lebih banyak lagi jenis produk anda.
Simbol, logo atau warna mampu membuat ingatan dan perspektif seseorang terhadap suatu merek/produk maupun jasa tertentu.
Seperti contoh apabila Anda melihat logo sebuah apel yang sudah tergigit pada suatu laptop atau hp, pastinya Anda sudah mengetahui merek apa yang ada pada laptop atau hp tersebut bukan ? Nah juga dapat dikatakan sebagai Brand Awareness.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun Brand Awareness suatu merek atau produk, yaitu bisa menggunakan sosial media, content marketing, video marketing, influencer marketing, event marketing, sponsorship ataupun yang terakhir lewat merchandise
Berikut adalah fungsi atau manfaat-manfaat dari Brand Awareness:
Target Pasar Jangkauan Luas
Jika suatu branding berjalan dengan baik dan lancar maka kesadaran masyarakat terhadap suatu merek akan menyebar dengan cepat.
Merek dapat dijadikan sebagai topik diskusi dan memperluas jaringannya untuk dapat digunakan dalam penyebaran informasi lebih lanjut atau bahasa sederhananya adalah penyebaran melalui mulut ke mulut.
Menumbuhkan Persepsi
Branding dapat dilakukan dengan berbagai cara dan apabila suatu branding berjalan dengan baik maka akan tercipta persepsi yang positif di benak konsumen.
Seperti contoh teman Anda menyarankan Anda untuk memilih soda yang bermerek Sprite karena rasa lemon dan sodanya sangat berasa di mulut.
Anda belum pernah mencoba minuman Sprite, tetapi karena direkomendasikan oleh temanAanda maka dengan sendirinya Anda akan percaya dan memilih minuman soda yang bermerek Sprite.
Membangkitkan Rasa Kepercayaan
Saat rekan atau teman Anda berinteraksi dengan suatu merek dan mendapatkan pengalaman yang baik, maka itu juga akan membangun kepercayaan Anda secara otomatis terhadap merek tersebut.
Membangun Ekuitas Suatu Merek
Semakin banyak orang yang mengakui dan menyadari tentang suatu merek, maka semakin berharga jugalah nama merek tersebut di mata konsumen.
Ekuitas merek merupakan nilai suatu merek sebagai asset yang terpisah. Nilai suatu merek merupakan suatu hal yang penting bagi suatu merek untuk membangun citra positif di masyarakat.
Sekian informasi yang dapat dibagikan mengenai Brand Awareness dan fungsinya terhadap suatu merek. Brand Awareness sangat penting untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan dan membuat kesan/citra positif di mata konsumen. (Ivn/Eve)
Sumber foto: marketing91, linkedin.
