Era digital seperti sekarang ini membuat hampir seluruh masyarakat menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhannya.
Semua dapat dibeli atau dipesan secara online tanpa harus repot-repor mengunjungi toko offline atau pergi ke suatu lokasi untuk membeli sebuah produk atau barang.
Maka dari itu, makin banyak pebisnis yang membuka toko online untuk menjual barang atau produk yang mereka miliki.
Dengan begitu maka persaingan dalam bisnis online pun kian ketat dikarenakan banyaknya pesaing bisnis anda yang bermunculan.
Seorang pebisnis haru memiliki konsep atau strategi dalam melakukan sebuah promosi agar bisnisnya semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang.
Karena promosi di media online dapat dikatakan lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan promosi secara langsung seperti memasang iklan di koran, brosur, spanduk dan lain-lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh strategi dalam promosi yang dapat dilakukan
-
Memberikan Promo
Promo yang dimaksud disini adalah yang seperti buy one get one.
Pembelian satu gratis satu ini merupakan strategi promosi yang ampuh untuk menarik perhatian dan minat konsumen.
Konsumen atau calon pembeli pasti akan tergiur untuk membeli produk anda dikarenakan dapat gratis satu lagi.
Tentunya masih ada bentuk promo lain, seperti beli 2 harga khusus, gratis produk lain, dan lain sebagainya.
-
Memberikan Free Ongkir
Menggratiskan ongkir juga dapat menarik perhatian konsumen.
Metode ini dapat diterapkan contohnya dengan memberikan free ongkir pada pembelian pertama konsumen di toko anda.
Ini juga dapat dikatakan sebagai strategi yang cukup ampuh karena konsumen tidak perlu membayar dana lebih untuk biaya ongkos kirim.
-
Promosi Dengan Menggunakan Website
Memiliki website toko sendiri juga merupakan strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai jenis produk pada zaman ini.
Memiliki websites toko pribadi membuat toko anda keliatan lebih professional dan berkualitas di mana dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja di toko anda.
-
Melalui Ecommerce Atau Marketplace

strategi dalam promosi produk online dengan marketplace (sumber twitter)
Perkembangan internet juga memiliki dampak yang positif bagi ecommerce.
Setiap marketplace memiliki fitur yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan antara penjual dan pembeli. Misalnya barang atau produk yang dijual dapat dipasarkan melalui kategori tertentu.
-
Pemasaran Melalui Media Sosial
Ini merupakan strategi promosi yang paling banyak digunakan oleh pebisnis untuk memasarkan produk atau barang yang mereka jual.
Sosial media dianggap sebagai tempat yang paling ampuh untuk memasarkan suatu produk karena seperti yang kita ketahui sekarang ini, pengguna media sosial kian banyak.
-
Menggunakan Influencer atau Endorse ke Selebgram
Kita ambil satu contoh yaitu melalui aplikasi Instagram di mana banyak selebgram yang bermunculan yang pastinya memiliki jumlah followers yang sangat banyak.
Konten mereka pun pastinya ditonton dan membawa pengaruh untuk sekian banyak orang.
Istilah selebgram untuk sekarang ini adalah kependekan dari Selebriti Instagram. Kita dapat menghubungi langsung para selebgram ini melalui pesan pribadi yang sudah disediakan oleh Instagram untuk deal harga.
Inilah kenapa menggunakan selebgram atau influencer mempermudah kita melakukan promosi.
Mereka sudah terkenal dan memiliki banyak pengikut sehingga produk atau barang yang kita jual menjadi lebih cepat diketahui oleh orang-orang.
-
Memberi Diskon
Masyarakat Indonesia sangat senang apabila mendengar atau membaca kata diskon.
Dengan menerapkan strategi promosi ini juga dapat meningkatkan bisnis anda, apabila produk/barang dan jasa yang anda tawarkan benar-benar berkualitas.
Jadi jangan takut bisnis anda menjadi sepi.
Itu dia beberapa contoh strategi dalam promosi yang dapat Anda terapkan apabila Anda memiliki sebuah bisnis usaha.
Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mengembangkan usaha yang anda miliki. Selamat mencoba! (ivn/eve)
Sumber foto: elsevier, twitter @retailwatch_it
