Instagram menjadi salah satu media sosial yang kini juga banyak dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis.
Pemilihan Instagram sebagai media untuk berbisnis merupakan pilihan yang tepat sebab media sosial ini telah digemari oleh ribuan masyarakat.
Bahkan, hingga detik ini, Instagram menduduki posisi pertama media sosial terpopuler berdasarkan peringkat di Play Store.
Akan tetapi, untuk memulai bisnis melalui Instagram tentu bukan sekadar mengunggah posting-an saja.
Ada beberapa pengetahuan yang harus Anda ketahui termasuk berbagai tools yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan konten bisnis di Instagram.
Apa saja sih Instagram tools yang harus Anda tahu? Berikut ini ulasannya.
-
Linktree
Salah satu keunggulan Instagram adalah pengguna dapat memasukkan pranala atau link di profil pengguna.
Fitur ini tentu dapat dimanfaatkan untuk menampilkan pranala media-media yang Anda gunakan untuk berbisnis.
Akan tetapi, sayangnya hingga saat ini Instagram hanya bisa menampilkan satu pranala di profil sehingga calon konsumer akan sedikit kesulitan untuk melihat atau memesan produk yang ditawarkan.
Untuk mengatasi permasalahan ini Anda dapat menggunakan tool Linktree untuk menampung semua pranala media yang digunakan menjadi satu pranala saja.
Tool ini tentu tidak hanya mempermudah konsumen namun juga membantu penjual dalam mengenalkan produk-produk yang ditawarkan sehingga konten bisnis Anda dapat berkembang.
-
Canva
Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan desain konten yang akan ditampilkan.
Hal ini penting agar calon konsumer dapat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Salah satu tool untuk mendesain yang dapat Anda gunakan yaitu Canva.
Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat desain yang eye catching untuk brosur atau poster perihal produk yang ditawarkan.
Anda dapat menggunakan fitur – fitur dalam Canva secara gratis meskipun ada pula beberapa fitur yang berbayar.
-
Adobe Spark
Tool untuk mendesain konten lainnya yaitu Adobe Spark.
Tool ini dibuat oleh perusahaan photoshop serta illustrator bernama Adobe.
Dengan Adobe Spark ini Anda dapat membuat berbagai konten yang menarik seperti social media graphics, konten video bahkan halaman website.
-
Hootsuite
Tool selanjutnya yaitu Hootsuite. Hootsuite ini dapat kita manfaatkan untuk manajemen konten di akun media sosial.
Tool ini sangat berguna untuk menjadwalkan konten, mengelola beberapa akun media sosial hanya dari satu tempat serta mengakses laporan data media sosial.
-
Instragram Insights
Tool lainnya yang tak kalah penting yaitu Instagram Insights atau Instagram Analytics.
Instagram Insights ini membantu kita untuk mendapatkan segala data yang ada di akun Instagram kita.
Data-data yang dapat kita peroleh seperti pertumbuhan jumlah pengikut atau follower, jangkauan wilayah, rata-rata usia, serta jenis kelamin para pengikut.
Data-data tersebut tentu dapat membantu untuk evaluasi konten ke depannya.
-
Social Blade
Selain tools untuk mendesain dan mengumpulkan data, kita juga memerlukan tool untuk melakukan riset pasar.
Salah satu tool yang dapat Anda manfaatkan untuk riset yaitu Social Blade.
Dengan memanfaatkan situs Social Blade ini kita dapat melakukan riset perihal kompetitor atau meriset akun Instagram lainnya.
-
Google Trends
Tools yang terakhir yaitu Google Trends. Tool ini menyediakan fasilitas untuk kita mengetahui hal – hal yang sedang menjadi perbincangan masyarakat belakangan ini.
Oleh sebab itu, Google Trends dapat membantu Anda untuk menemukan ide konten yang menarik dan trending di masyarakat.
Setelah membaca ulasan tentang 7 Instagram tools untuk memaksimalkan konten berbisnis di Instagram di atas, jangan lupa untuk mencoba, ya! (Ars/Eve)
Sumber: berbagai sumber
Sumber foto: Google Trends, Linktree, Unbox.id
