Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital Marketing

15 Istilah Online Marketing Yang Wajib Diketahui

Online marketing terms

Marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperkenalkan atau menjual produknya. Saat ini, marketing online sangat diminati, entah itu dalam pembelajaran online ataupun di dunia kerja. Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia online marketing, perhatikan dulu 15 istilah online marketing berikut ini:

Customer Relationship Manager (CRM)

Customer Relationship Manager (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan adalah strategi dan teknologi yang dipakai untuk menganalisis interaksi serta data guna menanggapi kebutuhan dan keinginan pelanggan. CRM menuntut sebuah perusahaan untung mengerti akan kondisi pelanggan di dalam bisnis tersebut

Key Performance Indicator (KPI)

Key Performance Indicator (KPI) merupakan indikator untuk mengukur kinerja dalam berbagai hal penting yang berkaitan dengan perusahaan. Indikator tersebut akan menunjukkan apakah perusahaan Anda dapat mencapai tujuannya atau belum.

Pay per Click (PPC)

Pay per click adalah sebuah iklan berbasis online yang biasanya ditempatkan di dalam blog atau website seseorang atau perusahaan. Anda hanya akan dikenakan biaya jika ada seseorang yang mengklik iklan yang ditampilkan. PPC  juga sagat membantu dalam mempromosikan penjualan, promosi musiman ataupun mengenalkan produk terbaru

Remarketing

Remarketing merupakan penargetan ulang terhadap pelanggan tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan pelanggan tentang barang yang pernah dibeli ataupun yang akan dibelinya. Kadang juga disebut retargeting karena perusahaan menjangkau pelanggan tersebut dengan channel yang lain.

Return of Investment (ROI)

Return of Investment (ROI) yaitu cara mengukur profit yang didapatkan setelah melakukan sebuah investasi. Jika ROI terindikasi mengalami angka yang negatif, maka  Anda kehilangan uang yang telah dikeluarkan. Jika Anda memiliki trik yang cerdas, maka Investasi tersebut akan berhasil dan mendatangkan keuntungan.

Content Marketing

Conten Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan konten serta pendistribusiannya. Konten yang dibuat biasanya relevan dan konsisten, serta sesuai dengan perusahaan Anda. Konten ini bertujuan untuk menarik minat calon pelanggan Anda, yang dapat mendorong mereka untuk melakukan transaksi dengan perusahaan Anda.

 

SEO

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan konten di halaman mesin pencari. Hal ini bertujuan agar sebuah konten yang ditulis dapat muncul ke halaman utama mesin pencari dan dibaca oleh seseorang yang sedang membutuhkan konten tersebut. Biasanya konten ramah SEO merupakan konten yang menjawab permasalahan para pengguna mesin pencari. Mesin pencari yang populer digunakan ialah Google, Bing, dan yahoo.

Call to Action (CTA)

Call to Action (CTA) adalah teknik dalam penulisan konten ataupun iklan. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengajak pelanggan untuk melanjutkan sesuatu hal, entah untuk melakukan pembelian produk, membaca lanjut konten, ataupun membagikan konten kepada teman-temannya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan atensi dan juga transaksi.

Customer Acquisition Cost (CAC)

Customer Acquisition Cost (CAC) merupakan sebuah biaya keseluruhan yang dikeluarkan sebuah bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru yang bertransaksi dengan bisnis Anda. Biaya ini biasanya mencakup biaya pemasaran, penjualan, serta gaji kepada karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

A/B Testing

A/B Testing adalah testing sebuah model marketing. A/B diartikan sebagai dua buah konten yang serupa tapi tak sama. Umumnya, konten tersbut dibagikan dalam waktu yang sama, namun mendapatkan pembaca serta karakteristik konsumen yang berbeda pula.

Analytics

Analytics merupakan  dilakukan terhadap hal yang berhubungan dengan marketing. Dengan analisa ini, seseorang biasanya dapat mengambil keputusan untuk membuat sebuah strategi yang baik untuk marketing perusahaannya.

 

Person Pointing Paper Line Graph

Bounce Rate

Bounce Rate merupakan jumlah orang yang masuk di halaman situs web Anda tanpa kembali keluar. Biasanya, bounce rate berbentuk persentase yang disajikan oleh Google Analytics. Dalam hal tersebut, bounce rate berperan sebagai indikator apakah halaman website ini menghadirkan informasi yang menarik dan relevan, atau website kosong yang berisi spam.

Emotion Selling Proposition (ESP)

Emotion Selling Proposition (ESP) merupakan strategi penjualan menggunakan emosi sesorang yang mendorong mereka untuk melakukan transaksi atas sebuah produk.

Marketing Automation

Marketing Automation adalah alat yang bekerja secara otomatis untuk sebuah kampanye pemasaran. Hal ini biasanya dapat diotomatisasi karena memiliki target pasar yang jelas dengan waktu yang tepat pula.

Key Opinion Leader (KOL)

Key Opinion Leader (KOL) atau yang biasa Anda kenal dengan influencer merupakan seorang pengguna aktif media sosial yang memiliki pengikut. Jika seorang KOL berpendapat, hal tersebut akan langsung diyakini oleh para followers-nya. Tidak heran banyak brand dan perusahaan yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan sebuah produk ataupun layanan.

Jika Anda masih bingung menentukan strategi online marketing yang akan digunakan untuk perusahaan Anda, bisa hubungi Gerai.id ya

Sumber : Berbagai sumber

Foto : Berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

You May Also Like