Iklan Facebook merupakan sarana yang banyak digunakan para pebisnis untuk mempromosikan usahanya. Perlahan-lahan, fitur iklan media sosial semakin berkembang dengan bentuk dan materi yang bervariasi.
Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki layanan iklan terintegrasi. Facebook yang juga memiliki Instagram memungkinkan setiap pebisnis meningkatkan penjualan melalui kedua media sosial tersebut.
Berikut ini keunggulan Iklan Facebook :
- Terintegrasi dengan Instagram
- Proses pembuatan yang cepat dan mudah
- Terdapat pilihan untuk menentukan jumlah audiens yang ingin dijangkau, dan jangkauannya yang luas.
Tips membuat iklan Facebook
Pertama, tentukan target audiens secara rinci dan detail. Seperti jenis kelamin, usia, hingga wilayah tempat tinggal.
Rencanakan kebutuhan pembuatan iklan Anda sebelum membuat iklan. Mungkin diawal bisnis Anda ingin fokus mengenalkan brand, atau meningkatkan interaksi dengan kostumer hingga mendapatkan penjualan.
Gunakanlah materi serta deskripsi iklan yang menarik. Anda dapat menyesuaikannya dengan branding yang ingin Anda bangun untuk produk Anda. Tambahkan juga kata-kata call to action di dalamnya.
Ada dua cara mudah yang dapat ditempuh dalam menggunakan fitur iklan pada Facebook:
1. Cara membuat Iklan untuk Facebook Marketplace

Dengan membuat iklan di Marketplace, produk Anda akan tampil dengan tanda bersponsor di fitur tersebut. Untuk memulainya, Anda dapat melakukan langkah berikut:
- Masuk ke pengelola iklan. Anda akan langsung otomatis diarahkan untuk membuat kampanye baru.
- Pilih tujuan iklan Anda sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Selanjutnya
- Pilih target audiens iklan
- Dalam penempatan, disarankan untuk memilih penempatan pada Marketplace
- Masukan anggaran serta jadwal tayang iklan Anda, klik berikutnya ketika selesai.
- Tentukan format materi iklan anda. Dalam hal ini, materi iklan yang direkomendasikan sesuai dengan yang Anda bagikan di beranda.
Anda dapat mengklik Selesai ketika iklan yang dibuat telah sesuai. Sebagai proses akhir, klik Lakukan Pemesanan.
2. Cara Membuat Iklan dengan Halaman Facebook

Untuk mengakses iklan pada halaman Facebook, sebelumnya Anda harus memiliki halaman Facebook terlebih dahulu.
Ketika selesai membuat halaman, ada beberapa jenis iklan yang dapat Anda buat:
Iklan Otomatis Facebook. Dalam membuat iklan jenis ini, Anda akan diajukan beberapa pertanyaan awal untuk menyesuaikan iklan. Seperti situs web, keinginan agar toko dikunjungi, prospek situs web, cara orang menghubungi Anda, dan lain-lain.
Iklan yang Anda buat sendiri. Dalam membuat iklan ini Anda dibebaskan untuk membuat iklan secara lebih spesifik dan detail.

Iklan promosi postingan halaman. Untuk menjangkau lebih banyak audiens dan jumlah klik, Anda juga dapat mempromosikan postingan yang telah dikirim sebelumnya. Pilihlah konten yang menurut Anda paling menarik dan relevan. Iklan yang ditayangkan akan otomatis tampil di beranda akun target audiens Anda.
Iklan promosi postingan Instagram. Memiliki tujuan yang sama dengan iklan halaman Facebook. Perbedaannya hanya terletak pada platform di mana iklan tersebut akan ditayangkan. Dalam hal ini, iklan yang dibuat akan tayang pada beranda akun Instagram target audiens Anda.
Jenis iklan manapun yang Anda pilih, tinggal mengikuti langkah mudah semua item iklan hampir sama dengan langkah beriklan pada marketplace.
Perbedaan utama adalah Anda akan memilih penempatan iklan, seperti di Facebook, Instagram maupun mesengger.
Bagaimana, Anda tertarik untuk beriklan di Facebook? (ris/crs)
