Kira-kira, siapa target pasar Anda? Jika target Anda berumur 18-45 tahun, mungkin Anda membutuhkan Instagram ads untuk mengiklankan bisnis Anda, agar sesuai dengan target Anda. Selain sesuai dengan target pasar, beriklan di Instagram juga relatif lebih murah dan dapat menjangkau banyak orang.
Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah akun Instagram yang Anda gunakan haruslah Instagram bisnis. Jika belum memiliki akun Instagram bisnis, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan menikuti langkah langkah di sini.
Terdapat dua cara untuk memasang iklan di Instagram :
- Facebook Ads Manager
- Dari Instagram
Memasang Iklan dari Facebook Ads Manager
Untuk pemasangan iklan dari Facebook Ads Manager, simak langkah di bawah ini :
-
Buka facebook Ads Manager
Buka laman Facebook Ads Manager. Pastikan Facebook tersebut merupakan laman yang sudah sesuai dengan laman bisnis Anda.
-
Pilih create Ads
Setelah membuka link tadi, klik tombol create ads. Biasanya tombol berwarna hijau atau disertai tanda + di pojok kiri atau kanan.
-
Pilih tujuan dari Iklan
Di Facebook Ads, Anda dapat memilih beberapa tujuan untuk iklan Anda, seperti :
Kesadaran / Awareness :
-Kesadaran Merk
-JangkauanPilihan ini digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau orang orang yang kemungkinan tertarik dengan bisnis Anda, dan juga untuk menampilkan iklan secara maksimal kepada jumlah orang yang banyak sesuai dengan anggaran Anda.
Pertimbangan / Consideration :
-Lalu lintas kunjungan
-Interaksi
-Pemasangan aplikasi
-Penayangan Video
-Pembuatan Prospek
-PesanPilihan ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website, menambah komentar pada sebuah postingan, atau menonton video yang anda buat.
Konversi / Conversion :
-Konversi
-Penjualan Katalog
-Kunjungan Toko offline atau toko fisikPilihan konversi digunakan untuk Anda yang menginginkan jumlah orang yang membeli produk Anda, berkunjung ke website e-commerce anda, atau mengunjungi toko fisik Anda.
Anda dapat memilih salah satu dari ke 3 tipe tujuan kampanye tersebut yang sesuai dengan bisnis Anda. Bila bisnis Anda masih di dalam cold market, maka dapat mencoba untuk meningkatkan kesadaran merk dan juga jangkauan karena Anda masih membutuhkan perkenalan terlebih dahulu kepada orang orang yang belum mengetahui tentang bisnis Anda.
-
Tentukan Target, Anggaran dan Jadwal Beriklan
Setelah memilih tujuan Anda, berikutnya Anda menentukan target customer yang mungkin akan menyukai produk dan jasa Anda. Target dapat ditentukan berdasasar lokasi, umur, jenis kelamin, dan bahasa, aturlah sesuai keinginan Anda. Kemudian, Anda menentukan anggaran yang akan dipakai untuk beriklan, setelahnyaAanda menentukan jadwal, kapan iklan tersebut ditayangkan.
Memasang Iklan di Instagram Ads
Untuk pemasangan iklan dari Instagram, Simak langkah di bawah ini :
- Buka profile Instagram.
Buka profile Instagram bisnis Anda, pilih foto yang sesuai dengan target market Anda. - Klik Promote
Klik tombol Promote di pojok kanan bawah postingan Anda, dan kemudian ikuti langkah selanjutnya seperti memilih tujuan iklan, menetapkan target, serta menentukan anggaran.
Beriklan di Instagram memerlukan biaya yang tidak sedikit, dan saat ini pembayaran yang paling mudah ialah dengan memakai kartu kredit. Memang Instagram ads memberikan kemudahan bagi Anda, tetapi ingat bahwa yang membuat sebuah produk itu menarik ialah bagaimana cara Anda mengemasnya, dan juga inti dari produk itu sendiri. (Lar/Eve)
Sumber : Facebook
Foto : Dari berbagai sumber
