Media sosial merupakan salah satu alasan utama bagi seseorang untuk mengakses internet. Dengan jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai 91 juta pengguna, tidak heran jika hal tersebut merupakan kesempatan yang menggiurkan bagi pemilik bisnis.
Untuk mengetahui bagaimana jualan di Instagram, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini :
1. Membuat akun Instagram bisnis
Hal pertama kali yang harus Anda lakukan ialah membuat akun Instagram Anda di aplikasi, atau melalui website www.Instagram.com. Setelah Anda membuat akun Instagram, saatnya mengalihkan akun tersebut menjadi akun bisnis, dengan cara :
- Klik 3 titik di pojok kanan profil Anda.
- Klik setting.
- Klik Account.
- klik Switch to Professional Account.
- Akan ada dua pilihan, creator atau bisnis, pilih bisnis.
- Pilih deskripsi tentang bisnis Anda.
- Lengkapi kontak informasi bisnis.
Setelah melakukan hal di atas, selamat! Akun Instagram Anda telah beralih ke akun bisnis.
Dalam akun bisnis, anda bisa mendapatkan beragam fitur dari Instagram, seperti beriklan, mendapatkan insight profil Anda, dan juga mendapat tombol untuk membeli produk yang Anda jual.
Untuk cara lengkap membuat akun Instagram Bisnis yang baik, ikuti cara di sini.
2. Optimalkan profil Instagram
Saat pelanggan datang untuk pertama kali, yang dilihat dari bisnis Anda adalah profil Instagram Anda. Anda harus membuat profil Instagram Anda profesional yang sesuai dengan target pasar Anda.
Selain itu, Anda juga harus menyiapkan bio Instagram untuk penjelasan singkat tentang bisnis Anda dan juga kontak untuk menghubungi Anda.
Instagram juga terdapat fitur highlight, yang biasanya berguna untuk menyimpan foto atau video yang telah di unggah agar bisa dibaca kapan pun oleh calon pembeli.
Biasanya, foto yang dimasukkan adalah foto dengan FAQ (Frequently Asked Question) agar pelanggan mendapatkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang sering diajukan.
Anda juga dapat memasang link ecommerce Anda ke dalam story Instagram atau bio Instagram, untuk memudahkan pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan lebih cepat.
3. Membuat konten
Konten merupakan hal yang penting di Instagram. Konten di Instagram dapat berupa foto, video berdurasi panjang, dan juga video pendek yang biasa di unggah di Reels.
Untuk berbisnis, Anda harus menyiapkan foto yang bagus dan memiliki gambar yang tidak pecah untuk mendapatkan atensi dari pengguna Instagram dan akun Anda terlihat profesional.
Selain foto yang bagus, Anda juga harus membuat caption yang menarik guna mempersuasi dan juga meningkatkan brand awareness tentang bisnis Anda.
4. Memperhatikan insight
Insight adalah fitur dari Instagram untuk Instagram bisnis, yang bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menentukan strategi pemasaran.
Insight yang diperlihatkan dapat membantu Anda untuk menentukan model pemasaran seperti apa yang cocok untuk diterapkan dalam akun Instagram bisnis Anda. Di dalamnya terdapat Activity, Content, dan Audience.
Activity menunjukkan interaksi yang dilakukan oleh followers atau non followers terhadap akun bisnis Anda. Content untuk menunjukkan jumlah postingan.
Audience menunjukkan lebih jauh tentang orang orang yang tertarik dengan akunmu. Mulai dari gender, tempat tinggal, dan juga umur orang yang melihat konten yang Anda suguhkan di Instagram.
5. Gunakan Instagram Ads
Fitur Instagram Ads yang disediakan oleh Instagram merupakan iklan yang dapat dipersonalisasi. Anda dapat mengiklankan akun bisnis Anda kepada pengguna Instagram lain yang mungkin tertarik kepada bisnis Anda.
Namun belum mengetahui keberadaan bisnis Anda. Dengan targeted ads oleh Instagram, memungkinkan Anda untuk mendapatkan followers atau awareness dari pengguna lain yang mungkin akan membutuhkan produk atau jasa dari Anda di kemudian hari.
Media sosial tidak hanya menjadi tempat bersosialisasi di dunia maya, tetapi juga menjadi tempat Anda berbisnis. Jika Anda masih bingung, konsultasikan dengan Gerai.id ya. (Lar/Eve)
Sumber dan foto: berbagai sumber
